Tuesday 1 October 2013

Tips merawat lemari agar tidak kena jamur

Lemari pakaian adalah perabotan rumah tangga yang dibutuhkan untuk menyimpan berbagai pakain anda. Lemari merupakan salah satu perabot rumah tangga yang biasanya dibuat dari bahan dasar kayu dan lemari merupakan salah satu banrang yang memiliki banyak kegunaan.


Hal ini terlihat dari adanya sebutan lemari pakaian, lemari hias, lemari/rak buku, lemari/rak sepatu dll. Dengan sebutan sebanyak itu menunujukkan bahwa lemari adalah perabot yang multifungsi.

Dibawa ini beberapa cara unuk merawat lemari pakaian agar tidak menjamur:

  1. Khusus lemari pakaian, jangan memasukkan pakaian ke dalam lemari sebelum benar-benar kering. Selain menyebabkan bau, pakain yang belum terlalu kering akan mengaundang jamurdan dijadikan tempat yang nyaman bagi semut bertelur. Jika lemari Anda sudah terlanjur berjamur bersihkanlah jamur dengan lap kering. Setelah gumpalan jamur hilang, lap dengan kain basah hingga sisa jamur benar-benar bersih. Kemudian jemur lemari hingga benar-benar kering. Setelah kering, anda bisa menggosokkan minyak kayu putih atau minyak-minyak wewangian yang tidak disenangi semut ke permukaan lemari.
  2. Periksa bagian belakang lemari setiap seminggu sekali untuk memastikan lemari anda aman dari jamur.
  3. Jangan menempatkan lemari terlalu menempel ke dinding karena pada musim penghujan dinding memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi sehingga dapat menyababkan tumbuhnya jamur.
  4. Selanjutnya, sebelum digunakan kembali simpan butir-butir kapur barus kedalam lemari. Cara lain adalah kapur barus dihaluskan kemudian dibungkus kain dan digosok-gosokan ke seluruh permukaan lemari untuk mengganti minyak wangi.



Selamat memraktekkan dan semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment